1. Pengertian Bisnis dan Jenis serta Fungsinya
a. Ada beberapa pengertian bisnis diantaranya
:
• Bisnis berasal dari kata business/busy yang
berarti sibuk. Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan
keuntungan. Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya.
• Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum
yang menggambarkan semua aktifitas dan istitusi yang memproduksi barang dan
jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
• Business is then simply a system that
produces goods and service to satisfy the needs of our society. (Huat, T Chwee,
1990)
• Bisnis merupakan suatu organisasi yang
menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
(Griffin & Ebert)
Bisnis adalah semua aspek kegiatan untuk
menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli barang
,emtah, sampai menjadi barang jadi. Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan
proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses
penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu
yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau
organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan
jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Kegiatan bisnis sebagai sebuah organisasi :
a. Produksi : penciptaan barang dan jasa.
b. Keuangan : kegiatan mencari dana yang
dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
c. Pemasaran : Kegiatan untuk menginformasikan
barang dan jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.
d. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) :
kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya.
Fungsi dasar Bisnis
Fungsi dasar Bisnis antara lain meliputi :
- Acquiring of raw material
- Manufactoring of raw material
- Distributing Product to Consumers
- Mencari dan menemukan sumber bahan baku
- Mengolah bahan baku menjadi produk jadi
- Menyalurkan produk jadi ketangan konsumen
Lingkungan bisnis :
a. Lingkungan intern (memberikan pengaruh
langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi
dagang, suplier dan serikat pekerja.
b. Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh
tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial
budaya dan politik.
Pengertian bisnis juga memuat 4 aspek, yaitu :
untuk mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan usaha, dan
memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari-hari.
b. Jenis – jenis bisnis ada 4 yaitu :
1. Monopsoni
2. Oligopoli
3. Oligopsoni
4. Pasar monopoli
2. Tujuan Kebijaksanaan Bisnis
Kebijakan adalah suatu ketetapan yang memuat prinsip-prinsip
untuk mengarahkan cara-cara bertindak yang dibuat secara terencana dan
konsisten dalam mencapai tujuan tertentu.
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin
dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan
cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian
organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan
menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari
bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin
dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak
hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
• Market standing, yaitu penguasan pasar yang
akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan
profit dalam jangka panjang.
• Innovation, yaitu inovasi dalam produk
(barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai
melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya
shampoo 2 in 1.
• Physical and financial resources, perusahaan
memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk
mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
• Manager performance and development, manager
merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian
tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu
memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka
diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui
serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and
development yang berkelanjutan.
• Worker Performance and Attitude, untuk
kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan
pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
• Public Responsibility, bisnis harus memiliki
tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah
terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
3. Sistem Perekonomian dan Situasi Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang
digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya
baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar
antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana
cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang
individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya,
semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di
dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah
tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar
antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi.
Transaksi adalah
kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada
barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga
barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
- Jenis-Jenis Pasar
a. Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya
Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi
menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat
penjabaran berikut ini:
• Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang
yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar
tradisional dan pasar swalayan.
• Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para
pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli
secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh
pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
b. Jenis pasar menurut cara transaksinya
Menurut cara transaksinya, jenis pasar
dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
• Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
• Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern
dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan
sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan
tempat-tempat modern lainnya.
c. Jenis-jenis Pasar menurut jenis barangnya
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang
tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging
serta pasar loak.
d. Jenis-jenis Pasar menurut keleluasaan
distribusi
Menurut keluasaan distribusinya barang yang
dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
• Pasar Lokal
• Pasar Daerah
• Pasar Nasional dan
• Pasar Internasional
4. Kesempatan Bisnis atau Usaha
ada 4 tempat untuk mendapatkan peluangg
bisnis, yaitu :
a. Diri sendiri
Sumber pertama gagasan yang paling dekat dan
mudah, adalah diri sendiri.
b. Pelanggan
Sumber kedua memperoleh gagasann bisnis baru
adalah melalui pelanggan dan pesaing.
c. Pasar
Sumber gagasan bisnis baru berikutnya adalah
pasar.
d. Produk yang gagal
Sumber keempat lahirnya gagasan bisnis adalah
produk-produk yang gagal.
5. Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi
1. Manusia
2. Modal
3. Material
4. Metode
5. Manajerial
6. Mesin atau peralatan
6. Hakekat Bisnis
1) Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran
produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan
real sebuah bisnis.
2) Bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu
memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang
lain memecahkan persoalan yang dihadapinya.
7. Mengapa Belajar Bisnis
Untuk menambah skill dan kemampuan mendapatkan
pengalaman dalam bidang perekonomian sehingga bisa lebih berguna bagi
masyarakat secara umumnya atau keluarga / pribadi secara khususnya.
sumber:
http://selviintan18.blogspot.com/2013/10/ruang-lingkup-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar